PALIDAY - Padmawijaya Collective Inspiration and Prayer

Motivasi dan Doa Bersama (MDB) adalah salah satu program bina iman di SMA Negeri 1 Klaten, kegiatan ini telah rutin dilakukan, dengan tujuan awal menyiapkan spiritual siswa/i kelas 12 SMA Negeri 1 Klaten dalam menghadapi ujian nasional. Namun seiring berjalannya waktu terdapat virus Covid-19, dalam waktu yang sangat singkat virus Covid-19 sangat cepat menyebar, maraknya Covid-19 membuat program ini terhenti ditahun 2019, dan pada akhirnya program ini dapat terlaksana kembali, Pada tahun 2024 menjelang ujian SNBP seluruh siswa/i kelas 12 SMA Negeri 1 Klaten giat belajar guna menggapai cita-cita dan impian mereka, dengan meredanya Covid-19 akhirnya MDB dapat terlaksana kembali dengan nama PALIDAY (Padmawijaya Collective Inspiration and Prayer)

PALIDAY merupakan kegiatan yang dilakukan dengan berbagai kolaborasi dari OSIS SMA Negeri 1 Klaten dengan ketiga EOK keagamaan yang ada untuk terlaksananya program kerja yang kami rancang. Kegiatan yang berupa doa bersama bagi siswa beragama Islam, Kristen, Katolik, dan Hindu. Guna memfasilitasi keberagaman agama di SMA Negeri 1 Klaten angkatan ke 24 ini, dirancang oleh masing-masing kegiatan keagamaan yang dipimpin oleh pemandu agama dengan tempat yang berbeda pula bagi setiap agama.

Mulai dari yang beragama Islam, kegiatan PALIDAY berisikan Muqaddimah yang dipimpin oleh MC, rangkaian penyampaian materi tilawah, kajian oleh pembicara bernama Dr. Kurniawan Harya, tanya jawab, serta tujuan utama yaitu doa bersama dan ditutup, dilanjut kegiatan sholat Jumat.

Sementara untuk agama Katolik dilakukan ibadah misa atau sakramen Ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Leonardus Dwi Hananto, Pr. dengan menyampaikan ujub doa pengharapan untuk siswa siswi kelas XII khususnya dalam persiapan tes masuk perguruan tinggi.

Bagi yang beragama hindu dilangsungkan rangkaian peribadatan yang dipimpin oleh ibu Dewi Lestari selaku guru agama Hindu di SMA Negeri 1 Klaten, dengan runtutan kegiatan berupa Tri Sandya, Smaramam, Dharma Wacana, dan penutup, dimana rangkaian ini adalah bentuk menyembah Tuhan beserta penyampaian pesan moral sebagai penguatan karakter.

Dengan terlaksananya program kerja PALIDAY ini diharapkan menjadi fondasi pembangun kembali akan terlaksananya kegiatan yang semakin baik di tahun-tahun berikutnya.

 

Komentar