SMAN 1 Klaten Gelar Upacara Peringatan Hari Kartini: Semangat Kartini Masih Relevan


Klaten, 22 April 2024
- SMAN 1 Klaten menggelar upacara peringatan Hari Kartini pada hari Senin, 22 April 2024 di halaman sekolah. Upacara ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan staf SMAN 1 Klaten.

Pembina upacara, Ibu Ety Suryandarwati, S.Pd., dalam amanatnya menyampaikan tentang perjuangan RA. Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan hak antara pria dan perempuan. Beliau mengatakan bahwa perjuangan RA. Kartini telah banyak membuahkan hasil. Saat ini, banyak perempuan Indonesia yang telah berkiprah di berbagai bidang, bahkan menduduki posisi-posisi yang sebelumnya hanya didominasi oleh laki-laki.

Ibu Ety juga menyampaikan bahwa perjuangan RA. Kartini telah diimplementasikan di SMAN 1 Klaten. Hal ini terlihat pada Kesetaraan hak antara pria dan perempuan dalam pencapaian  prestasi. Siswa perempuan, mampu bersaing dengan siswa laki-laki. Demikian juga dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Semua siswa memiliki hak yang sama.

Namun demikian, Ibu Ety mengingatkan bahwa sebagai perempuan, tetap tidak boleh meninggalkan kodratnya. Perempuan Indonesia haruslah hebat dan jaya serta berkarakter.

Dalam kesempatan ini, juga diserahkan beberapa penghargaan kepada para siswa yang telah berprestasi. Penghargaan tersebut antara lain:

  1. Juara 2 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang olahraga renang yang diraih oleh Khalisya Anindya Haris
  2. Juara 3 O2SN cabang atletik Panca Lomba yang diraih oleh Muhammad Baretta Wira Y.Y
  3. Medali Perak pada ajang Youth National Science Fair yang diraih oleh Nimas Rasya Senawangi, Fio Setya Kusuma, Giovany Surya Pratama, Hussain Zaki Wiharto Putera, dan Muhammad Rafi Adrian TS. Judul penelitiannya adalah "Impresi Kedatangan Pengungsi Rohingya Terhadap Masyarakat Aceh dalam Struktur Sosial dan Ekonomi Aceh."

Kepala Sekolah SMAN 1 Klaten, Ibu Tantri Ambarsari, S.Pd.,M.Eng., mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah berprestasi. Beliau berharap agar para siswa terus belajar dan berprestasi, sehingga dapat mengharumkan nama sekolah dan bangsa.

Upacara peringatan Hari Kartini ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat para siswa untuk terus belajar dan berprestasi, serta menjadi perempuan Indonesia yang hebat dan jaya dengan berkarakter.***

Komentar