Apel Kesiagaan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK)

Kapolres Klaten AKBP Warsono, S.H., S.I. K.M. memimpin kegiatan Apel Kesiagaan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di lingkungan satuan pendidikan. Apel dilaksanakan di lapangan tengah SMA N 1 Klaten pada hari Rabu, 15 Mei 2024.

Apel tersebut dihadiri sejumlah perwira Polres Klaten, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Klaten, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Selain diikuti oleh para pendidik, tenaga kependidikan, dan seluruh siswa-siswi SMA N 1 Klaten, Apel juga diikuti oleh Kepala Sekolah PAUD, Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB se Kabupaten Klaten beserta perwakilan siswa dan TPPK.

Dalam amanatnya, Kapolres Klaten menyampaikan antara lain, komunitas pendidikan merupakan bagian strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. SDM yang mengembangkan nilai-nilai untuk terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

"Momen pagi ini adalah bagian dari upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga, pencegahan dan penanggulangan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan menjadi bagian dan ditetapkan sebagai salah satu episode yaitu episode ke 25 Merdeka Belajar," kata Kombes Pol AKBP Warsono, S.H., S.I. K.M.

Disampaikan, kolaborasi semua pemangku kepentingan harus dihadirkan dalam setiap satuan pendidikan agar mampu memastikan lingkungan satuan pendidikan merupakan tempat/rumah yang aman bagi seluruh warga satuan pendidikan.

Melalui apel ini juga digencarkan gerakan "Ayo RUKUN" (Aksi gotong roYOng beRantas Kekerasan dan perUNdungan) yang telah launching pada tanggal 25 November 2023. Diharapkan nantinya gerakan "Ayo RUKUN" ini akan menjadi inspirasi bagi setiap satuan pendidikan.

"Polri siap berkolaborasi dengan satuan pendidikan dan menjadi salah satu tugas Polri adalah memberikan pengayoman, menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi kita semua," pungkas Kombes Pol AKBP Warsono, S.H., S.I. K.M.

Dalam apel tersebut juga dibacakan Ikrar TPPK Oleh Bapak Bambang Budianto, S.Pd. selaku waka kesiswaan SMA N 1 Klaten dan ditirukan seluruh peserta apel. Apel ditutup dengan flashmop jingle "Ayo RUKUN" oleh seluruh peserta apel.

Komentar