SMAN 1 Klaten Gelar Kegiatan Focus Group Discussion untuk Pengelolaan Sekolah yang Lebih Baik

Klaten, 10 Juli 2024 – SMA Negeri 1 Klaten mengadakan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Pengelolaan Sekolah yang dimulai pada hari Selasa, 9 Juli 2024 dan berakhir di hari ini, Rabu 10 Juli 2024. Kegiatan yang berlangsung di ruang auditorium SMA Negeri 1 Klaten ini diikuti oleh semua guru dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Klaten.

Focus Group Discussion (FGD) adalah kegiatan diskusi yang dilakukan secara sistematis dan terarah dari suatu grup untuk membahas suatu masalah tertentu dalam suasana informal dan dilaksanakan dengan panduan seorang moderator. SMA Negeri 1 Klaten mengadakan kegiatan ini dengan tujuan untuk mengevaluasi dan merefleksi pelaksanaan pengelolaan sekolah di tahun ajaran sebelumnya, serta menyamakan persepsi dalam perencanaan pengelolaan sekolah di tahun ajaran yang akan datang, yaitu tahun ajaran 2024/2025.

Kegiatan dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Klaten, Ibu Tantri Ambarsari, S.Pd., M.Eng., yang menyampaikan bahwa semua peserta kegiatan, baik guru maupun tendik, diharapkan bisa berperan aktif dalam diskusi. Semua peserta kegiatan ini diharapkan bisa menyampaikan pendapat, usulan, ataupun solusi dalam mengevaluasi, merefleksi, dan merencanakan pengelolaan sekolah sehingga SMA Negeri 1 Klaten menjadi lebih baik lagi.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para peserta dibagi menjadi lima kelompok diskusi yaitu: 1) Kurikulum; 2) Kesiswaan; 3) Humas; 4) Sarana dan Prasarana (Sarpras); dan 5) Tenaga Kependidikan (Tendik). Di tiap kelompok ada seorang moderator yang memandu jalannya diskusi yang berlangsung dalam waktu kurang lebih 2,5 jam. Karena kegiatan diskusi ini berlangsung dalam suasana informal, para peserta dapat mengekspresikan pendapat mereka secara aktif. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil diskusi oleh perwakilan tiap kelompok yang kemudian diberi tanggapan dari kelompok lain dan penguatan dari Kepala Sekolah.

Kegiatan FGD ini diharapkan dapat menjadi sarana tukar pikiran dan penyamaan persepsi dalam pengelolaan sekolah demi membangun SMA Negeri 1 yang lebih unggul dan berprestasi.

Komentar